Java

Java_Logo

Java_Logo

Hmmmmm mood menulis saya tiba-tiba muncul, entah dari mana datangnya. Mungkin karena lagi happy kali yah :D. Kali ini saya mau berbagi pengetahuan soal Java (pengetahuan versi saya pastinya). Cieeeeeeeeee… Tumben mau berbagi…! hahaha kalau bukan kita siapa lagi…? 😀

“Tidak akan bergeser kaki anak Adam (manusia) pada hari kiamat nanti di hadapan Rabbnya sampai ditanya tentang lima perkara: umurnya untuk apa dihabiskan, masa mudanya untuk apa dihabiskan, hartanya dari mana dia dapatkan dan dibelanjakan untuk apa harta tersebut, dan sudahkah beramal terhadap ilmu yang telah ia ketahui. ” (HR. At Tirmidzi no. 2340)

Sebelumnya saya sudah menulis beberapa artikel yang berkaitan dengan Java di blog tercinta ini seperti  Java : serial communication,  Java : insert text file to MySQL via JDBC koneksi MySQL dll 😀  Sudah banyak bercerita tapi saya belum pernah bercerita apa sih sebenarnya Java itu…? Mengapa Java…? Apa keunggulan serta kelemahannya…? Bagaimana memulai Java…?

Java itu bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming/OOP) yang dipengaruhi oleh bahasa C dan C++.  Jadi kalau mau buat suatu aplikasi yang ada GUI (Garaphical User Interface) sangat bisa untuk mengandalkan Java. Ini contoh aplikasi desktop yang dibuat menggunakan Java.

Java

Java

Java itu sendiri merupakan sebuah produk yang dimiliki oleh Sun Microsystem (saat ini sudah diakuisisi Oracle, CMIIW). Sejauh ini Java memiliki beberapa jenis diantaranya Java Mobile (Micro Edition), Java Desktop (Standart Edition)  dan Java Web (Enterprise Edition). Untuk lebih tahu soal sejarah Java dan seluk beluknya bisa googling sendiri 😀  Selanjutnya saya hanya akan berbagi ilmu/bercerita soal Java Desktop.  kenapa…? Karena cuma Java itu yang saya tahu 😀

Untuk membangun sebuah aplikasi berbasis Java (utamannya Java desktop) dibutuhkan sebuah IDE (Integrated Development Environtment) semacam Visual Basic, Delphi atau Visual Studio. Untuk Java ada 2 IDE free yang biasa digunakan, yaitu NetBeans dan Eclipse. Namun sekali lagi saya batasi tulisan ini hanya pada NetBeans saja karena sejauh ini saya mem-build aplikasi berbasis Java menggunakan NetBeans.

Mengapa Java…? Apa keunggulannya…?

Yang pertama itu menurut saya adalah multiplatform. Jadi Java bisa berjalan di lingkungan Windows, Linux dan Mac. Kenapa…? Penyebabnya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java dan free) untuk menginterpretasikan bytecode tersebut. Coba kalau VB…? Susah untuk di-running di Linux (sebenernya sih katanya bisa via Wine). VB itu Windows native jadi hanya berjalan di sistem Windows juga, gak lintas platform kayak Java.

OOP, apa itu OOP…? Hmmmmmm googling sendiri aja yah hehehe

library-nya banyak karena banyak komunitas Java yang mem-build library tersebut dan disebarkan secara gratis di internet (walau beberapa kasus ada yang berbayar).

mempunyai pengumpulan sampah otomatis/garbage collection. Apa itu garbage collection…? buka ini 😀

Ada kelebihan pasti ada kelemahan donk..!

penggunaan memori yang besar, berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit…

tulis sekali, jalankan di mana saja “write once, run anywhere“- yakin…? Baca artikel saya sebelumnya.

Kenapa saya memilih Java…?

Sebelumnya saya sudah berkenalan dengan yang namanya VB. Saya sudah buat beberapa aplikasi desktop (komunikasi serial-MySQL). Berhubung saya masih newbie dan master-master VB sudah banyak di kantor saya, maka mau tidak mau saya harus bermigrasi ke bahasa lainnya hmmm ini awal mulanya

Bagaimana cara menginstall Java…?

Untuk menginstall Java kita dapat mendownload IDE NetBeans di web Oracle secara langsung. Tenang saja, free kok hehehe bisa di download disini.

waktu mendownload harus diperhatikan sistem operasi yang kita gunakan Windows atau Linux based. Selain itu juga harus diperhatikan PC kita menggunakan arsitektur prosesor 32 bit atau 64 bit. Untuk tahu arsitektur PC dapat dilihat di command prompt pada Windows (Windows7) dengan mengetik SYSTEMINFO atau pada Linux dengan mengetik UNAME  –A pada terminal (saya menggunakan CentOS, Kubuntu, Ubuntu).

Apa itu JDK yg di-bundle di NetBeans..?

JDK ( Java Development Kit) yaitu software yang digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi Java. Tanpa JDK kita tidak akan bisa membangun atau membuat berbagai macam aplikasi Java.

Sedangkan JRE (Java Runtime Environment) yaitu software yang diciptakan oleh Sun Microsystem berguna HANYA untuk menjalankan program atau aplikasi Java yang sudah di-compile atau sudah jadi.

Setelah menginstall NetBeans apa selanjutnya…?

Selanjutnya kita harus membuat PATH dan CLASSPATH. Di Windows kita bisa menyeting path dan classpath via CMD. Untuk berhasil atau tidaknya cukup ketikkan JAVAC atau JAVA  –VERSION di CMD

via CMD

via CMD

Atau melalui system properties > tab advance > environment variables > pada user variable pilih NEW > insert vaiable name dan variable value > OK.

setting path

setting path

Jika ada kesulitan jangan segan untuk bertanya pada Mbah Google 😀

Contoh program/coding di NetBeans

NetBeans

NetBeans

  Dimana belajar Java bagi pemula …?

Saya merekomendasikan link-link dibawah ini :

Untuk web berbahasa Indonesia

Java Lyracc

i-bego

diskusiweb

Untuk web berbahasa Inggris

roseindia

Java2s

tips : untuk memperlancar dan menambah pengetahuan seputar Java jangan cuma jadi silent reader hehehe kalau kita bisa bergabunglah di forum Java, sesekali menjawab pertanyaan di forum yang mampu kita jawab, gak ada salahnya menjawab. Kalaupun jawaban kita salah, pasti bakalan ada member lain yang akan memberikan masukan atau mengkoreksi kesalahan kita 🙂 CMIIW

 NB : tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber dan sepengetahuan saya saja. Disarankan untuk tidak percaya mentah-mentah dengan apa yang saya tulis, biar valid gak ada salahnya membaca literature lainnya 😀  Saat ini saya sudah menyelesaikan beberapa aplikasi desktop seperti FTP (File Transfer Protocol), komunikasi socket (client-server) dan komunikasi HID USB (Human Interface Device). Kalau ada waktu dan ada mood akan saya posting disini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s