catatan perjalanan…

hmmmm akhir tahun 2012 kemaren, saya mendapatkan kesempatan untuk punya passport biru [passport dinas]. Alhamdulillah banget kn…? Free dibiayai oleh Indonesia Raya. tapi mirisnya saya dapatkan passport itu sehari sebelum keberangkatan [25 Nov] padahal saya sudah apply jauh-jauh hari. tanya kenapa….? [sebenarnya gak usah tanya coz udah tau birokrasi di Indonesia] 😀 Oke, lupakan sejenak soal passport…!

oleh instansi tempat saya bekerja, saya diberi kesempatan untuk ikutan  “training course on communication satellite technology and applications” di negeri Gajah Putih selama kurang lebih 2 minggu. Nahhh untuk yang satu ini semuanya full dibiayai oleh APSCO [asia-pacific space cooperation organization] dan MICT Thailand [ministry of information and communication technology],  jadiiiiii saya tidak menggunakan uang negara sepeser pun sodara2.

all participant

all participant

ooh iya kebetulan saya pergi sendirian dan ini perjalanan pertama saya ke LN. dan yang paling bikin pusing english skill saya boleh dikatakan pas2an hahahaha beberapa kali saya berguman dalam hati, bisa gak yaa…? ada presentasinya pula, alamakkkk. Untungnya saya punya boz yang sangat percaya sama saya, dia bilang begini “ahh, Rizki pasti bisa. Gunakan kesempatan ini sebagai track record pengalamanmu.  jangan lihat materi yang kamu dapatkan tapi lihat pengalaman yang kamu dapatkan. Soo manfaatkan sebaik mungkin” 😀 tapiiii sebelum dia ngomong gitu, si boz juga bilang “sebenarnya pak X ragu lho sama kamu untuk acc ke Thailand” nah looo…! Tapi boz mampu meyakinkan kabid lainnya dan kapus tentunya.

akhirnya tanggal 26 november 2012 saya berangkat ke Bangkok, dari CGK ke Svarnabhumi Int’l Airport naik Thai Airways. perjalanan lebih kurang 3,5 jam. Alamakkkk lamonyoooo [perjalanan terpanjang saya itu Jakarta-Palu PP, dengan transit di Makassar atau Surabaya dengan total perjalanan 3 jam].

Suvarnabhumi Airport

Suvarnabhumi Airport

sampai disana bingung kaya orang bego, itu bandara keren pisan, CGK mah lewat, rapi jali, bersih dan adem tentunya 😀 Kurang lebih 30 menitan saya muter2 mencari orang yang katanya mau menjemput saya. Harus cari orang dengan membawa tulisan APSCO dengan background biru. Tralalaaaaa ketemu cuy.

di Bangkok saya diberi hotel bintang 4, seumur2 baru kali ini nyobain hotel bintang 4, gratis dan free internet dengan speed almost 10 MBps [internet kantor lewatttttttttttt]. Oh iya kebetulan saya nginap di lantai 22 dan persis didepan kamar hotel ada jalur BTS [bangkok mass transit system a.k.a monorel].  jadi tiap 5 menit bias liat BTS dengan gerbong warna-warni [monorelnya cuma 3 gerbong].

monorel

monorel

hari pertama training, trainer semuanya dari Thailand. karena saya sendirian, mau tidak mau saya harus mencari teman untuk berkomunikasi, share ilmu dan pengalaman. soo hari pertama sudah dapat 4 orang teman. dua dari Pakistan [suparco] mr. mueen sajjad dan mr. asim. dua dari Bangladesh [sparrso] mr. mola dan mr. firroz. pesertanya berasal dari turki, iran, china, thailand, pakistan, bangladesh, mongolia, peru dan Indonesia.

interactive

interactive

to be continued…

Leave a Reply

