java : write once, run anywhere

slogan java yang paling populer adalah “write once, run anywhere“. tapi menurut saya sebagai seorang newbie di java programming language, itu tidak sepenuhnya bener.

kenapa…?

berdasarkan pengalaman, saya mem-build beberapa aplikasi untuk mengontrol device menggunakan IDE Netbeans 7.1.2 di Windows7 64 bit dengan interface usb to serial, meng-add library RxTx.jar dan javacomm.jar serta membuat path-nya. aplikasi ini berjalan dengan baik dan bahkan mampu berkomunikasi dengan database MySQL (localhost). TAPI ketika aplikasi ini di running pada OS Linux based (Kubuntu 64 bit) dengan hardware yang sama (processor dan motherboard sama) malah error yang saya dapatkan. padahal library sudah di-add, path-nya sudah dibuat dan driver usb to serial-nya pun sudah di install.

pertanyaan saya : kenapa hal itu bisa terjadi (tidak sesuai dengan slogan java write once, run anywhere) …? mungkin jawaban paling simple adalah OTAK SAYA BELUM SAMPAI đŸ˜€

#sekedar berbagi, siapa tau pembaca ada yang punya jawaban atas pernyataan saya ^_^

Leave a Reply

